Minggu, 12 Februari 2017

Mixing All Genre


Dalam Bukunya David Gibson mengatakan setiap proses Mixing tiap genre berbeda ( ini juga sudah sering dibahas pada forum-forum audio Pro ) .Baik dari penggunaan Fx , Panning , Balancing dsb. 
yang paling sederhana anda tinggal meng-compare dengan jenis musik yang sudah ada saat anda mengerjakan sebuah project audio mixing . dengarkan baik-baik , perhatikan setiap balancing , panning penggunaan Fx dsb . Banyak dari kita sudah merasa WAH dan menggampangkan tanpa memperhatikan detail setiap genre musik termasuk saya sendiri pernah mengalami saat-saat merasa WAH . Bahkan ketika dahulu saya ditawari oleh mentor saya untuk belajar denganya dengan sombongnya saya berkata : ' Memangnya hasil Mixing saya jelek ' hehehe... sebenarnya bukan hasil mixing bagus atau jelek , tapi ilmunya itu , kita harus tahu pakem-pakem dasarnya , tentu saja ada hitung-hitunganya yang di Forum-forum manapun tidak akan pernah dibahas secara detail . 
pertanyaan umum yang sering terjadi adalah : ' Mengapa hasil Mixing mastering saya belum bisa sama dengan hasil mixing lagu-lagu yang sudah ada ? bersyukurlah anda punya pendengaran yang bagus , itu anugerah , lalu apakah kita tidak bisa? menurut saya bisa , semakin anda terbiasa dan terlatih semakin peka pendengaran anda . tentu saja pendengaran yang bagus belum cukup tanpa ilmu yang sebenarnya . 
Saya jadi teringat masa-masa mengikuti kelas Mixing Mastering , mentor saya tidak pernah mengatakan hasil mixing mastering yang saya kerjakan jelek atau kurang bagus , jawabannya selalu masih standar / umum dan sebenarnya bisa di UP lagi .
Setiap Sound engineer punya karakter hasil mixing masing-masing namun secara keilmuan dasarnya sama semua , itulah ada Quote yang mengatakan 'SEORANG SOUND ENGINEER HARUS BISA MENEMUKAN CARANYA SENDIRI ' dan saya setuju  , jika anda tidak setuju abaikan saja . toh hidup ga bisa buat nyenengi setiap orang bukan ? hehehehe dibawa santai aja sambil Ngopi jangan lupa cemilannya...

Salam Sukses selalu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar