Selasa, 14 Februari 2017

Sekilas Proses Mixmast PSIKOBEIN Rock Band

PSIKOBEIN merupakan salah satu Band indie yang mengusung Rock , band ini berasal dari Banda Aceh  yang mana kebetulan MDBMUSICPRO dipercaya oleh PSIKOBEIN untuk melakukan proses Mixing Mastering pada Album MISI MINOR . Tentu saja nuansa Rock yang tersaji sangat kental pada album ini , walaupun sempat gonta ganti personil akhirnya album bisa release pada waktunya .
Dalam proses Mixing Mastering mencari atau menyamakan karakter setiap sound dari setiap lagu yang tersedia pada album ini bukan perkara yang mudah . Apalagi beberapa personilnya sempat berganti , tentu saja nuansa dari satu lagu ke lagu berikutnya sangat berbeda karna personilnya berganti-ganti . 
Lalu apakah kita tidak bisa melakukan proses mixing mastering untuk menyamakan hasil mixing pada setiap lagu-lagunya agar sama sehingga menjadi ciri khas dari album tersebut ?
Tentu saja bisa  , yang pastinya membutuhkan proses yang agak rumit , saya pribadi malah senang sekali seperti bermain game , semakin sulit semakin tertantang untuk menemukan caranya agar menang .
Semakin sulit sebuah project semakin terpacu dan tertantang untuk memberikan yang terbaik

Tentu saja dalam proses penggarapannya ada miss comunication , itu adalah hal biasa , misalnya PSIKOBEIN pengen seperti ini SE nya pengen seperti itu , jadi kami selalu berkomunikasi untuk saling memberikan masukan .
Yang perlu diingat adalah Klien adalah RAJA , sebaiknya sebagai SoundEngineer mengesampingkan egonya dulu , belajarlah menerima pendapat dan masukan orang lain 
Komunikasi sangatlah penting , lalu solusinya bagaimana jika SE nya sendiri merasa kurang puas ?
Yang biasa saya lakukan adalah membuat dua hasil Mixing Mastering Versi Klien dan Versi saya , setelah itu nantinya biar klien kita sendiri yang menilai mereka suka hasil mixing mastering yang mana .

Lagu GENERASI pada album ini sangat berkesan bagi saya , baik dari segi lirik , musikalitasnya ditambah karakter vocalnya yang kuat . keren!! keseluruhan dari lagu-lagu dialbum ini saya Amini bagus semua ( Menurut saya kembali lagi ke selera masing-masing orang ) . Dialbum ini ada 6 lagu yang kesemuanya berkarakter kuat, anda bisa klik link Video diatas untuk previewnya .

Sekilas review untuk proses Mixing Mastering PSIKOBEIN dari Banda Aceh ... semoga PSIKOBEIN semakin sukses dan jangan berhenti berkarya , tetap semangat ...Cherrsss !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar