Kamis, 16 Februari 2017

Virtual Studio Instrument ( VSTI )

Era Digital seperti sekarang ini tentu saja membutuhkan software-software untuk segala kegiatan yang menggunakan media Komputer termasuk dalam dunia Musik .
Tentu saja pada jaman dahulu kala saat akan melakukan proses Recording begitu banyak player yang terlibat dan tentunya bugdet lebih besar karna harus membayar setiap player yang terlibat . Dengan banyaknya Software-software audio yang saat ini dikenal dengan istilah VSTI ( Virtual Studio Instrument ) sangat memudahkan dan membantu setiap pelaku musik . Salah satunya yang masih dan menjadi favorit saya adalah VIRTUAL GUITARIST & REAL GUITAR .  Dua Vsti ini yang paling sering saya gunakan karna memang menurut saya bagus dan terasa REAL walaupun tidak se-Real Guitar analog tapi lumayan cukup membantu . Diantara dua Vsti ini memiliki karakter tersendiri , tentu saja termasuk fasilitas dari tiap aplikasi tersebut berbeda , jika digabungkan akan sangat bagus .

Untuk Vsti Piano saya masih recomend dan menggunakan True Piano , disamping sourcenya yang tidak terlalu besar , sound yang dihasilkan juga Real . Ada berbagai macam pilihan presetnya , dari yang modern sampai Classic piano . sangat membantu sekali dalam proses Arransment .





Untuk Vsti Bass guitar ini favorit saya MODO BASS dari IK MULTIMEDIA , disamping soundnya yang Real pilihannya juga banyak . Anda mau bass guitar dari tahun berapa juga ada .






Untuk orkestra , ensemble dan sebagainya saya masih suka juga menggunakan EDIROL ORCHESTRA walaupun jadul tetap saya suka karakter soundnya pada vsti tersebut.Salah satu Produk Vsti dari Roland .




Tentu saja jika kita memakai terlalu banyak Vsti maka pastikan komputer anda memiliki kapasitas yang besar , baik dari Hardisk sampai RAM , jangan lupa OS nya juga harus mendukung .
Mumpung lagi hujan sembari Ngopi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar